Sabtu, 14 Januari 2017

Mengintip dan menganalisis aktifitas jaringan mengunakan Wireshark

Wireshark - Network Protocol Analyzer Wireshark adalah salah satu dari sekian banyak tool Analayzer yang banyak digunakan oleh network administrator untuk menganalisa kinerja jaringan. wireshark banyak disukai karena interfacenya, yang menggunakan Graphical User Interface (GUI) atau tampilan grafis.
seperti namanya, Wireshark mampu menangkap paket-paket data informasi yang berseliweran dalam jaringan yang kita "intip". semua jenis paket informasi dalam berbagai format protokol pun akan dengan midah ditangkap dan dianalisa. karenanya tak jarang tool ini juga dapat dipakai untuk sniffing (memperoleh informasi penting seperti password email atau account lain) dengan menangkap paket-paket yang melintas di dalam jaringan dan menganalisa

untuk mengunakan tool  ini pun cukup mudah. kita cukup memasukkan perintah untuk mendapatkan informasi yang ingin kita capture (yang ingin diperoleh) dari jaringan kita.
Penggunaan Wireshark
wireshark akan menampilkan semua informasi tentang paket yang keluar dan masuk dalam interface yang telah dipilih. bebrapa tampilan hasil capture wireshark meliputi frame, Ethernet, internet protokol, User-Datagram Protokol, Link-lokal Multicasr Name Resolution.

0 komentar:

Posting Komentar